Rabu, 26 Februari 2014

Mengapa Musik Membuat Kita Bahagia?

BLOGNYA SI IMIN-Apa yang membuat musik begitu abadi dan diterima di semua kalangan dan berbagai lapisan umur? Ternyata alasannya adalah ini: orang mencintai musik begitu dalam dengan alasan yang sama bagaimana mereka begitu mencandu terhadap sex, minuman keras, judi, makanan enak, demikian menurut penelitian.

Saat kita mendengarkan musik maka otak akan melepaskan suatu zat yang bernama Dophamine. Dophamine adalah sebuah senyawa yang terkait dengan motivasi dan kecanduan. Dan dophamin ini juga dapat kita dapatkan saat kita mengkonsumsi cokelat.

Pada komposisi musik seperti karya Vivaldi "Four Seasons" atau Phish "You Enjoy Myself" dapat membuat kita relaks dan merangsang dophamine mengalis deras. Demikian menurut riset yang telah dilakukan ilmuwan McGill University di Montreal Kanada, Valorie Salimpoor.

Pada penelitian sebelumnya Salimpoor dan rekannya menghubungkan antara musik dengan perasaan nyaman dan termasuk perubahan denyut jantung, nadi, pernafasan dan intrumen lainnya. Selama perubahan fisik tersebut, apa yang telah terjadi selama kita mendengarkan musik, Salimpoor telah menemukan bukti aliran darah di sekitar otak telah bercampur dengan dophamine.

Pada penelitian tersebut, peneliti telah merekrut delapan pecinta musik dari berbagai aliran mulai dari klasik, jazz, hingga rock terpopuler seperti Led Zeppeling dan Dave Matthews Band. Setelah mereka mendengarkan musik selama15 menit para ilmuwan menginjeksi sukarelawan dengan substansi radioaktif yang akan mengikat reseptor Dophamine.

Dengan sebuah alat bernama PET scanner, ilmuwan bisa melihat apakah unsure apa yang mengalir pada aliran darah para sukarelawan. Dan kesimpulannya memang terjadi pelepasan Dophamine dalam otak

Dalam penelitian yang dirilis dalam jurnal Nature Neuroscience tersebut juga disebutkan bahwa saat kita mendengarkan musik, otak kita akan melepas dophamine dalam jumlah yang relative besar. Namun ketika kita hanya mendengar musik dalam durasi yang lebih singkat pada hari berikutnya, ternyata reseptor dophamine tetap terbuka lebar.

Dophamine merupakan suatu senyawa yang membuat binatang ingin tetap mencari makan sebelum mereka merasa lapar. Senyawa ini pula yang membuat manusia merasa termotivasi, dan merasan nyaman. (ref: news.discovery/ill: blogs.voices.com)


sumber

Categories: , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!